Manfaat Kencur Dan Jamu Untuk Kesehatan

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang telah dikenal sejak lama karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, disamping kegunaannya yang biasa digunakan untuk bahan makanan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas tentang berbagai manfaat kencur untuk kesehatan.


11-khasiat-dan-manfaat-kencur-untuk-kesehatan

Pada umumnya, kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Disamping hal tersebut, kencur juga bermanfaat untuk meredakan masuk angin, meredakan kaki yang keseleo, mengobati sakit maag, menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, meredakan diare, penghilang rasa nyeri, meredakan sakit kepala, serta menjadi sumber antioksidan dan serat yang baik.
Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, biasanya orang-orang akan mengolahnya menjadi minuman atau yang biasa Anda kenal sebagai jamu beras kencur.
Berikut ini adalah 11 manfaat kencur bagi kesehatan :
1. Meredakan Perut Kembung dan Masuk Angin
Khasiat kencur dapat menjadi penghangat alami untuk tubuh. Oleh karena itu, kencur dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin. Untuk mengatasinya, Anda dapat ramuan yang terbuat dari air perasan dari parutan kencur yang ditambah dengan garam dan air hangat. Minumlah ramuan tersebut selama dua kali sehari.
2. Meredakan Kaki yang Terkilir atau Keseleo
Kencur juga dapat berfungsi untuk mengobati keseleo atau kaki yang terkilir. Hal ini dikarenakan kencur dapat berfungsi sebagai penghangat alami yang mampu merilekskan otot dan urat yang tegang akibat keseleo atau terkilir.
3. Sebagai Obat Batuk Berdahak
Kandungan yang terdapat dalam kencur mampu mengencerkan dahak sehingga membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega. Untuk mendapatkan khasiat kencur sebagai obat batuk berdahak, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat, lalu disaring. Anda dapat menambahkan sedikit garam lalu minumlah selama dua kali sehari.
4. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Terkait dengan obat batuk, tanaman obat ini juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Ramuan yang terbuat dari kencur hangat dapat membuat lega saluran pernapasan, termasuk dengan mengobati sakit tenggorokan.
5. Mengobati Sakit Maag
Khasiat kencur juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag. Seperti yang Anda ketahui, maag dapat mengganggu aktivitas Anda ketika sakit ini menyerang. Untuk mengatasi serta mencegah maag, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari parutan kencur untuk memperoleh kondisi lambung yang lebih sehat, sehingga terhindar dari sakit maag.
6. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Bugar
Supaya Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kencur, yang dapat dijadikan alternatif alami untuk menjaga stamina tubuh Anda.
7. Meredakan Diare
Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering. Hal tersebut tentu sangat merepotkan ketika Anda sedang dituntut untuk melakukan suatu pekerjaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat ramuan atau jamu yang terbuat dari kencur.
8. Sebagai Penghilang Rasa Nyeri
Salah satu tanaman obat yang disebut kencur ini mengandung minyat atsiri yang dapat digunakan sebagi obat penghilang rasa nyeri. Selain itu, pegal-pegal yang Anda rasakan juga dapat berkurang ketika Anda mengkonsumsinya secara teratur.
  • Cara pengolahan kencur untuk pereda nyeri
  1. Siapkan 2- 3 ruas jari kencur,
  2. rebus dengan 400 cc air,
  3. didihkan sampai air tersisa 200 cc,
  4. kemudian dinginkan.
Minum 2 kali sehari, 1 gelas tiap kali minum.
9. Meredakan Sakit Kepala
Manfaat kencur yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala ketika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan kencur mengandung suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri di kepala atau sakit kepala.
10. Sumber Antioksidan
Kencur mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Seperti yang telah diketahui, antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya tumor dan kanker, serta berbagai penyakit berbahaya lainnya.
11. Sumber Serat
Kencur juga mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pada pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kencur ini dapat membantu Anda dalam memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik, yang selanjutnya dapat mencegah sembelit dan ambeien.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman kencur memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kencur untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.
Sejak lama, jamu dipercaya sebagai obat tradisional berkat khasiatnya yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Meski rasanya yang identik dengan pahit, orang-orang masih mencarinya jika sedang membutuhkan.
Rasa pahit atau tidak enak bagi para pemula penikmatnya bisa jadi karena bahannya yang diambil dari tumbuh-tumbuhan, akar, bunga hingga kulit kayu. Racikan alami tanpa pemanis atau penambah rasa ini yang membuatnya baik untuk kesehatan.
Dilansir dari berbagai sumber, ada sejumlah khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi jamu. Dari jamu temulawak yang baik untuk atasi masuk angin, atau jamu beras kencur yang ampuh untuk pegal linu.
1. Beras kencur
Cara membuat jamu beras kencur yang enak sendiri
Jamu beras kencur pasti sudah tidak asing lagi kan? Seperti namanya, jamu ini terdiri ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Rasanya, manis dan segar. Cocok untuk anak-anak sampai dewasa.
Manfaatnya antara lain : menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina.
2. Kunyit asam
Manfaat-jamu-kunyit-asam
Jamu kunyit asam juga jamu yang biasanya paling banyak dicari. Bahkan karena khasiatnya kini sudah banyak produsen jamu yang membuat jamu kunyit asam sachet. Jamu kunyit asam ini bahan utamanya jelas kunyit dan asam jawa, namun diberi beberapa tambahan bahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain.
Biasanya setiap penjual memiliki “ramuan khusus” yang membuat rasa kunyit asam menjadi segar. “Yang beli biasanya remaja putri, karena bisa mengatasi sakit perut saat datang bulan,” jelas Yanti. Selain mengatasi masalah haid, kunyit asam juga cocok bagi kamu yang sedang diet dan juga bisa mencerahkan kulit karena kunyit banyak mengandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh.
3. Sinom
sinom-1
Jamu sinom ini hampir mirip dengan kunyit asam hanya saja bahan utamanya adalah sinom atau daun asam yang masih muda. Dengan tambahan bahan biasanya temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, serta gula pasir. Jamu sinom bermanfaat untuk menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung atau maag dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.
4. Cabe Puyang
cabe-hitam
Jamu cabe puyang atau jamu pegal linu ini khasiat utamanya adalah menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan, maupun sakit pinggang. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan kesemutan.
Jamu cabe puyang ini terdiri dari cabe jamu dan puyang, ditambahkan rempah dan bahan lainnya. “Cabe puyang ini favoritnya bapak-bapak, karena bisa menyembuhkan pegal linu,” Ujar Yanti yang sudah berjualan jamu secara turun-temurun dari sang nenek.
5. Pahitan
jamu-1

foto: jamuonline.files.wordpress.com
Bahan baku jamu pahitan adalah daun sambiloto. Tambahan lainnya dalam jamu ini cukup bervariasi ada yang sambiloto saja dan ada yang ditambahkan dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali dan lainnya.
Seperti namanya jamu pahitan ini dianggap sebagai jamu paling pahit. Tapi, jangan salah ya meskipun rasanya paling pahit justru jamu pahitan ini banyak manfaatnya mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes sampai sebagai terapi “cuci darah”.

Tulisan Dari : 
https://anggeliabadung.wordpress.com/

Bacaan Ajedaberkarya :
1. https://ajedaberkarya.blogspot.com/2019/02/smkn-2-kota-mojokerto.html?m=1
2. https://ajedaberkarya.blogspot.com/2019/02/desain-komunikasi-visual-dkv.html?m=1

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Tempat Makan Di Malang Yang Wajib Dikunjungi Oleh Para Pecinta Kuliner